apa itu flag flagging table

Hallo blogger kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu flag atau flagging pada table database. sering kita dengar programmer / sistem analys database menggunakan istilah flag, apakah flag bendera yang ada di database ? tentu tidak tapi sebenarnya fungsinya hampir sama yaitu sebagai penanda .sebenarnya apa sih itu flag dan fungsinya lansung saja saya akan menjelasknnya.
apa itu flag ?

flag adalah field tambahan yang ada didalam table yang digunakan sebagai tanda. biasanya flag menggunakan type data int [1] / bit dan berisi angka 0 / 1 /2 dst.

fungsi flag ?

membedakan data pada sebuah tabel yang sama tanpa perlu membuat tabel baru tentu hal ini dapat menghemat tabel penggunaan space pada database.

manfaat ?
  • menghemat penggunaan tabel
  • lebih efektif dan efisien
  • meningkatkan performa aplikasi

contoh kasus ?
pada sebuah table memungkinkan memiliki 2 data yang berbeda. contohnya table mahasiswa berisi data mahasiswa seperti nim, nama, alamat, kelas. namun tidak semua mahasiswa memiliki data yang sama contoh mahasiswa ada yang aktif kuliah ada yang cuti apabila dibedakan ke 2 table yang berbeda akan menjadi pemborosan. disini kita dapat menggunakan flag dimana flag 1 merupakan mahasiswa aktif dan flag 0 merupakan mahasiswa yang sedang cuti kuliah.

Baca juga backup restore export database xampp



mungkin cukup sekian tutorial saya kali ini tentang apa itu flag di dalam tabel database. sebenarnya penggunaan flag harus diiringi dengan adanya dokumentasi karena seringkali kita lupa tentang field flag yang kita buat itu sebagai penanda apa jadi dokumentasi disini harus ada. apabila artikel ini bermanfaat dan ada yang ingin ditanyakan silahkan masukkan ke kolom komentar terima kasih :)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar