apa itu bit shihfting enkripsi data

Hallo blogger kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu bit shifting enkripsi data. Seperti kita ketahui bahwa arti dari kata shift adalah bergeseran / perubahan . jadi bit shifting adalah pergeseran bit, lalu apa hubunganya dengan enkripsi / keamanan data. seperti yang sudah saya jelaskan pada kriptografi enkripsi sederhana enkripsi merupakan perubahan sebuah kata / kalimat menjadi bentuk yang lain agar tidak ada orang yang mengetahui makna kata sebenarnya selain pemilik algoritma ini.

Baca juga membuat enkripsi data dengan metode chiper

lansung saja saya akan menjelaskan cara kerja bit shiftting untuk enkripsi data. caranya cukup simple yaitu

  1. mengubah sebuah kata / kalimat menjadi bit seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan mengubah huruf menjadi biner dan sebaliknya
  2. lalu ketika sudah ketemu binernya geser bit pertama menjadi ke dua, kedua menjadi ketiga dan seterusnya.
  3. dan bit terakhir ubah menjadi pertama
pengaturan pergeseran bit juga dapat diatur menggunakan key contoh anda ingin menggesernya 2 kekanan / kekiri anda menggunakan key 2. jika sudah di geser lalu konversikan lagi dari biner menjadi huruf 

contoh huruf asdf jika dilakukan pergeseran bit atau bit shift akan menghasilkan CgIM. konsep seperti ini biasanya diterapkan pada saat penyimpanan password karena MD5 untuk sekarang ini sudah terlalu umum bahkan sudah ada MD5 decriptor online jadi kerahasiaan password yang menggunakan MD5 sudah sangat rawan dibobol.

mungkin cukup sekian penjelasan saya kali ini tentang apa itu bit shifting untuk enkripsi data. apabila artikel ini bermanfaat dan ada yang ingin ditanyakan silahkan masukkan ke kolom komentar terima kasih :)


JIKA ANDA INGIN CONTOH SCRIPT DARI BIT SHIFTING SILAHKAN MASUKKAN EMAIL ANDA DI KOMENTAR YANG SUDAH SAYA SEDIAKAN DIBAWAH :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar