membuat dinamic base url codeigniter

Hallo blogger kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara konfigurasi base url pada Codeigniter secara otomatis / dinamis. Base url Codeigniter adalah fungsi yang digunakan untuk menentukan alamat web anda contohnya “http://gaeweb.blogspot.com/” jadi ketika di view atau controller atau jquery kita ingin memanggil “http://gaeweb.blogspot.com/admin/input” maka kita tinggal memanggil base_url("admin/input"); .Sering kali ketika pada saat develop web kita diharuskan menggunakan localhost sehingga ketika kita mengupload ke hosting sering terjadi error. Oleh karena itu disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuatnya menjadi dinamis ketika upload ke hosting kita tidak perlu mengubahnya. Caranya cukup mudah yaitu :
  1. Masuk ke folder application à config à buka file config.php
  2. Cari $config['base_url']=’’;
  3. Ubah menjadi $config['base_url']= “http://".$_SERVER["HTTP_HOST"].str_replace(basename($_SERVER["SCRIPT_NAME"]),"",$_SERVER["SCRIPT_NAME"]);


Cukup mudah kan ?

Mungkin cukup sekian tutorial saya kali ini apabila artikel ini bermanfaat da nada yang ingin ditanyakan silahkan masukkan ke kolom komentar terima kasih J.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »