kereta krakatau berubah jadi kereta singasari

Hallo pembaca sudah lama tidak posting kali ini saya akan membahas tentang perubahan nama kereta krakatau menjadi kereta singasari. berawal dari perjalanan saya beberapa waktu lalu dari solo ke cikampek menggunakan kereta, seingat saya hanya ada 1 kereta yang bisa di naiki yaitu kereta api krakatau, namun setelah mengecek ke website pemesanan tiket kereta ternyata tetap ada 1 kereta namun namanya adalah singasari. Dari situ muncul pertanyaan dalam diri saya dulu bukanya krakatau sekarang knp singasari kemudian saya mencoba mencari informasi dari internet ternyata KA krakatau berubah nama jadi  KA singasari. Perubahan tersebut terjadi cukup lama sejak 17 Juli 2017.



Baca juga cara mengurus tiket kereta api hilang sobek

PEMILIHAN NAMA

Pemberian nama krakatau sendiri dikarenakan dulu rute kereta krakatau cukup jauh hingga merak sehingga dinamakan krakatau (identik dengan merak). Sedangkan nama singasari sendiri diambil dari kerajaan yang ada di Jawa Timur yaitu kerajaan Singosari.

RUTE

Perubahan ternyata tidak hanya terjadi pada namanya namun juga terjadi pada rute perjalanan kereta singasari tersebut. Rute kereta krakatau adalah stasiun blitar hingga stasiun merak melewati jalur selatan sedangkan rute kereta singasari adalah dari stasiun blitar hingga stasiun pasar senen melewati jalur selatan juga. Meskipun nama dan rute kereta berubah untuk fasilitas dan nomor kereta masih sama dengan sebelumnya.

ALASAN PERUBAHAN RUTE

Alasan utama perubahan nama dan rute adalah untuk efisiensi okupansi penumpang kereta rute merak tanah abang yang rata-rata hanya dibawah 30%. Hal itu terjadi karena penumpukan kereta lokal rute merak - rangkas bitung yang mencapai 6 kereta api Pulang pergi sehingga sehari ada 12 kali perjalanan kereta. Biaya kereta rute merak - rangkas bitung sendiri tergolong murah yaitu 3 - 8 rb jauh lebih murah dibandingkan dengan kereta krakatau yang harus mengeluarkan dana sekitar 50rb.

Kereta ini berhenti cukup lama di stasiun cirebon yaitu sekitar 45 menit sehingga sering dimanfaatkan para penumpang untuk keluar kereta membeli makan / sekedar berjalan-jalan sejenak. Alasan berhenti lama adalah dulunya ketika masih menjadi kereta krakatau distasiun ini biasa dilakukan penggantian lokomotif karena jarak yang ditempuh cukup jauh dan distasiun ini biasanya petugas kereta mengisi air tangki kereta untuk toilet yang ada didalam kereta

Baca juga jadwal kereta prameks madiun jaya ac


mungkin cukup sekian postingan saya kali ini tentang perubahan nama kereta krakatau menjadi kereta singasari jika artikel ini bermanfaat dan ada yang ingin berbagi pengalaman menaiki kereta krakatau / singasari silahkan masukkan kedalam kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Terima kasih :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »