Tips membeli barang melalui facebook

          Kali ini saya akan membahas tenteng tips saat melakukan jual beli melalui facebook. Tren jual beli melalui facebook sendiri sekarang sedang marak-maraknya karena untuk mendapatkan sebuah akun facebook dirasa cukup mudah. disamping itu facebook menyediakan grup yang dalam perkembanganya tidak hanya digunakan untuk sharing ilmu namun juga untuk jual beli. pada saat sekarang ini bahkan banyak dijumpai forum / grup jual beli mulai dari elektronik, pakaian, hingga binatang peliharaan. Berbeda dengan website jual beli yang telah ada seperti olx dll di facebook dapat lansung melakukan tawaran melalui kolom komentar sehingga orang mengetahui berapa perkiraan tawaran tertinggi. 
          lansung saja berikut saya akan memberikan beberapa tips agar terhindar dari modus penipuan di forum jual beli facebook.

  1. yang pertama dilakukan adalah cek harga, anda perlu curiga ketika harga yang ditawarkan dibawah harga standar. jangan cepat percaya apabila si penjual menuliskan BU (Butuh Uang), dijual cepat, cepet-cepetan dll. bisa jadi itu hanya jadi pengecoh agar daganganya cepat laku.
  2. cek akun penjual, apakah itu benar-benar akun miliknya atau tidak. berapa lama dia memiliki akun facebook tersebut, dimana dia bekerja,foto profil, tempat tinggal, bisa jadi orang berniat jahat membuat akun fb hanya untuk menipu dan sering tidak memberikan informasi lengkap tentang data dirinya. sehingga apabila ada orang yang tertipu kemudian melaporkan akun fb si penipu pun percuma karena itu hanya facebook samaran.
  3. cek teman penjual, mungkin beberapa orang bertanya untuk apa mengecek teman penjual ???? ya itu saya rasa cukup perlu kenapa ?? beberapa orang licik meminta temanya untuk menawar dengan harga yang lebih tinggi / berkomentar membuat seolah-olah barang yang dijual merupakan barang yang sangat baik / berkualitas. (di daerah saya disebut entul)
  4. lihat foto, lihat foto yang ditampilkan apakah sama dengan deskripsinya. bila perlu minta si penjual mengupload foto yang lebih jelas. 
  5. Utamakan COD, COD (Cash On Delivery) sangat diperlukan untuk mengecek apakah produk yang dijual benar-benar sama dengan apa yang di deskripsikan di facebook dan jangan segan-segan untuk membatalkan transaksi apabila barang yang di deskripsikan di facebook berbeda dengan kenyataan.(dalam hal ini lebih baik lansung COD ke rumah penjual jangan ke suatu tempat tertentu agar lebih mudah mengembalikan apabila barang yang dijual tidak sesuai)
  6. Menawarlah sewajarnya, menawarlah dengan tawaran yang sewajarnya jangan membuat si penjual kesal, perhitungkan dengan budget yang anda miliki.
  7. Minta jaminan, mintalah jaminan kepada penjual apabila barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang dideskripsikan maka boleh dikembalikan
            postingan ini tidak untuk merugikan penjual jujur karena masih banyak juga penjual jujur yang menjual barangnya di beberapa group facebook. tingkah penipu lansung tidak lansung membuat penjual jujur menjadi sepi pembeli.

mungkin cukup sekian postingan saya kali ini tentang Tips membeli barang melalui facebook jika tips ini bermanfaat dan ada yang ingin ditanyakan silahkan masukkan ke kolom komentar terima kasih :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »