Mendapatkan / menampilkan last insert id codeigniter

logo codeigniter

Hallo blogger kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mendapatkan / menampilkan last insert id di framework codeigniter. pada postingan yang lalu saya juga sudah menjelaskan tentang select max min avg sum codeigniter. nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang mendapatkan last insert id codeigniter.

apa itu last insert id ??
Last insert id adalah id yang didapatkan dari id inputan terakhir di suatu table. contoh simplenya saya sudah 10x melakukan input di table mahasiswa dengan id auto_increment yang artinya idnya selalu berurutan. dari 1 hingga 10 selanjutnya saya insert satu buah data lagi dan akan menghasilkan id 11 nah id yang terakhir di inputkan itulah yang biasa disebut dengan Last insert id.

kapan digunakan ??
Last insert id digunakan ketika anda memiliki 2 table yang berelasi (A , B) dan anda membutuhkan id table A untuk dimasukkan ke table B.

table A                               table B
id_a    nama_a  id_b          id_b  nama_b 
1         a1           1               1       b1
2         a2           2               2       b2
3         a3           0               

nah dari table A dan B diatas id_a 3 akan diupdate id_b nya dengan id inputan terakhir dari table B. bagaimana caranya ?? tentu kita membutuhkan last insert id (id terakhir yang di inputkan) di table B.
lalu apakah kita perlu melakukan 3 query

Baca juga 3 cara mudah insert data di codeigniter

  1. insert ke tabel B
  2. select max id tabel B
  3. update id_b 

tentunya terlalu banyak query  akan membuat system anda berat, lalu bagaimana solusinya di framework codeigniter kita dapat menggunakan fasilitas 

$this->db->insert_id();


$insert_query = $this->db->insert('table B',$data_table_B);
$last_insert_id = $this->db->insert_id(); // letakkan tepat dibawah query insert

dengan query diatas kita berhasil mendapatkan last insert id dari table b yang selanjutnya dapat digunakan untuk update di table A dengan begitu kita dapat melakukan penghematan query (cukup 2 query) dan keakuratan data lebih terjamin :)
cukup mudah bukan ???
mungkin cukup sekian tutorial saya kali ini tentang mendapatkan last insert id di framework codeigniter. apabila artikel ini bermanfaat dan ada yang ingin ditanyakan silahkan masukkan ke kolom komentar terima kasih :)

Jangan lupa tinggalkan komentar ya :)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
23 Januari 2017 pukul 08.51 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
23 Januari 2017 pukul 08.52 delete

pagi mas mau tanya. itu kan di modelnya kan ya ? terus pemanggilan untuk di controller dan viewnya bagaimana ya mas ? jadi kronologinya saya mau menampilkan last id pada saat insert mas

Reply
avatar
22 April 2018 pukul 11.30 delete

Selamat siang..
terima kasih telah membuat postingan mengenai last_insert_id. sudah berminggu-minggu ngestuck, akhirnya berhasil setelah baca postingan Anda. terima kasih banyak!

Reply
avatar
23 April 2018 pukul 15.42 delete

sama-sama senang bisa membantu semoga postingan tentang menampilkan id terakhir yang di insert bermanfaat untuk orang yang lebih banyak

Reply
avatar
23 April 2018 pukul 15.44 delete

di controller
$data['insert_id'] = $this->db->insert_id();
$this->load->view('view',$data);

di view
echo $insert_id;

Reply
avatar